Kamis, 09 Juni 2016

Hukum Menangis Ketika Sedang Berpuasa

Pemberitahuan : "Untuk mengirimkan pertanyaan seputar kajian islami silahkan dikirimkan melalui e-mail: indrayulianto112@gmail.com"

Baca Juga


Dilansir dari Dunia Salaf | Setiap orang pasti pernah menangis sampai mengeluarkan air mata. Namun, saat itu terjadi seringkali timbul pertanyaan apakah kita boleh menangis bahkan sampai menitikkan air mata padahal kita sedang menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Batal apa tidak ya puasa kita?
Nah agar tidak penasaran, berikut ini adalah artikel seputar hukum puasa khususnya bagaimana hukum menangis ketika berpuasa Ramadan.
Rasululloh SAW dah menyatakan bahwa HANYA 3 (TIGA) HAL YG MEMBATALKAN PUASA:
1. Makan dengan sengaja
2. Minum dengan sengaja
3. Berhubungan suami istri dengan sengaja
Ketiga hal di atas merupakan hal-hal yg MESTI DIHINDARI agar puasa kita tidak batal (berdasarkan rukun puasa).
Sementara itu, ada pula ada beberapa perkara lagi yg boleh jadi penyebab terbatalnya puasa, apabila:
1. Murtad, ialah kembali dari agama Islam kepada kekufuran (kafir)
2. Haid
3. Nifas
4. Melahirkan
5. Hilang ingatan/Gila, walaupun hanya sebentar
6. Pengsan
7. Mabuk (minum minuman keras atau zat yg lain) dengan di sengaja
8. Muntah dengan sengaja
Dengan demikian, menangis apapun penyebabnya tidak membatalkan puasa. Tapi apakah bisa mengurangi pahala puasa?, kita lihat dulu menangisnya karena apa
Jika menangisnya karena merenungi dosa dan kesalahan, atau saat berdoa, saat membaca Al-Qur’an atau saat melakukan ibadah yang lain, itu tidak apa-apa. Bahkan dianjurkan.
Menangis karena musibah juga tidak apa-apa asalkan tetap terkontrol tidak sampai meraung-raung, karena ada larangan dari Rasulullah SAW menangis sampai meraung-raung apalagi sampai menyobek-nyobek pakaian.
Tapi jika menangisnya karena marah yang tidak kesampaian atau karena menonton acara TV seperti sinetron, itu yang bisa mengurangi pahala puasa. Sebab, jika kita ingin meraih kesempurnaan ibadah puasa maka kita dianjurkan untuk bisa mengontrol emosi/amarah dan tidak menghabiskan waktu dalam kesia-siaan.
Demikianlah penjelasan tentang apakah menangis dapat membatalkan puasa. Semoga bermanfaat. 
Sahabatmu
Indra Y

Hukum Menangis Ketika Sedang Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indra Yulianto